Komunitas Guru TIK & KKPI

Saling Asih, Saling Asah, dan Saling Asuh

Matpel TIK dan KKPI Harus Ada dalam Kurikulum 2013

Tak letih hati kami menulis tentang matpel TIK dan KKPI. Sungguh mata pelajaran ini akan terus kami perjuangkan sampai mati. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan keterampilan komputer pengolahan informasi (kkpi) harus menjadi mata pelajaran lagi.

Save matpel TIK dan KKPI Harga Mati

Save matpel TIK dan KKPI Harga Mati

Biarlah waktu yang akan menentukan kapan mata pelajaran TIK dan KKPI kembali lagi. Kami terus bekerja dan berusaha agar materinya sampai ke anak negeri. Kami terus perbaiki kompetensi inti dan kompetensi dasar agar standar kompetensi lulusannya mampu memanfaatkan TIK dalam kehidupannya sehari hari.

Bangsa ini sudah harus beranjak maju di bidang TIK. Sarana dan prasarananya menjadi tanggung jawab pemerintah. Baik pemerintah pusat maupun daerah harus mampu mewujudkannya. Listrik dan internet murah menjadi pekerjaan bersama.

Anak anak harus mulai belajar teknologi. Teknologi informasi dan komunikasi menjadi jembatan ilmunya. Sungguh sebuah kemunduran dalam bidang pendidikan bila mata pelajaran TIK hilang dalam struktur kurikulum dan digantikan dengan prakarya. Guru guru tik dan kkpi diminta menjadi pengajar prakarya. Padahal sudah sangat jelas guru TIK bukanlah guru prakarya. Mohon kembalikan kami pada tempatnya sesuai dengan kewenangan mengajar.

Keinginan kami mayoritas guru TIK hanya satu. Kami menginginkan TIK sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri. Bukan diganti perannya menjadi guru bimbingan tik. Siapapun gurunya pasti akan berusaha untuk memperjuangkannya. Kecuali guru yang bersangkutan telah terbeli.

Bagi kami TIK dan KKPI adalah harga mati. TIK harus tegak berdiri sejajar dengan mata pelajaran lainnya. Dosen dosen TIK di perguruan tinggi jangan hanya berdiam diri menyaksikan ini. Mari ikut bergabung dalam perjuangan kami di komunitas guru TIK dan KKPI.

Kembalikan mata pelajaran TIK dan KKPI pada posisinya semula. Sudah sangat jelas naskah akademiknya di kurikulum 2006. Kurikulum 2013 yang direvisi akan mengalami kendala tanpa matpel TIK di dalamnya. Semua guru TIK dan kkpi pasti akan bergerak untuk mengembalikan tik dan kkpi sebagai mata pelajaran. Pergerakan kami tak akan bisa dibendung seperti air yang mengalir dari atas ke bawah. Surat resmi ke presiden dan wantimpres sudah kami layangkan.

Menerima bimbingan TIK untuk sementara adalah langkah awal perjuangan kami. Tak akan pernah berhenti sampai di sini. Permendikbud 45 tahun 2015 akan mengalami nasib yang sama dengan permendikbud 68 tahun 2014. Permen itu akan layu sebelum berkembang, karena akan mengalami penolakan di sana sini. Kami hanya ingin tik dan kkpi kembali sebagai mata pelajaran lagi. Kalau materinya dianggap jadul mari kita perbaiki lagi sesuai perkembangam zaman saat ini.

Kajian ilmiah tentang hal ini sudah kami kupas dalam seminar berskala nasional. Di aula kemdikbud sampai 3 kali menjadi sejarah perjuangan kami. Bila suara kami tak didengar lagi, maka mereka sudah tidak lagi memiliki rasa empati kepada kami. Kalau sudah begitu save TIK dan KKPI menjadi harga mati buat kami. Tak akan pernah kami terbeli dengan fasiltas negara yang diambil dari uang rakyat lagi. Kami akan terus menyebarkan virus TIK ke seluruh negeri.

Salam blogger persahabatan

Omjay

12 Comments

Add a Comment
  1. sip kembalikan TIK ke mata pelajaran 2013 dan kurikulum selanjutnya apabila berubah lagi, UNBK oleh diknas, bagaimana pelajarannya tidak ada ?< kepada Bapak Anes Baswedan, mohon kembalikan mata pelajaran TIK ke kurikulum< salam perjuangan

      1. Sampai segini saya tak bisa tidur ni pak wijaya kusumah..mikirin nasib sebagai guru TIK ini…

      2. maju terus perjuangan save tik pak,kami guru tik akan selalu mendukung dn slalu berdoa agr kurikulum yg baru nanti matpel TIK kembali berdiri sendiri utk kmajuan ilmu teknologi pendidikan. Salam kenal pak, saya pengajar TIK di MTs kota Cirebon, mohon share infonya lebih lanjut. Terima kasih

    1. setuuuuujuuuu pak

  2. Sangat setuju.. Semoga pak mentri membaca artikel ini. Ya Allah.. Bukakan pintu hati presiden utk mengembalikan lagi mapel TIK.amiin..

    1. Kita doakan bro…agar marwah sebagai guru khususnya guru TIK/KKPI juga dapat kembali..amin

  3. orang di luar memang belajar tik hanya komputer melulu, padahal dalam tik siswa diajarkan bgmn kita beretika dengan perkembangan teknologi, bgmn memamfaatkan teknologi dengan benar.

  4. Terharu melihat perjuangan rekan2 guru TIK/KKPI..semoga tahun ajaran baru ini dapat terealisasi..amin

  5. Benar. Sangat setuju. Amin ya Allah.. semoga TIK dapat dikembalikan menjadi mapel dan terdapat dalam raport.
    Saya lulusan s1 Kom bukan pendidikan tetapi sekarang mengajar di MTs Negeri sebagai tenaga honorer. Bisakah lulusan saya ini diakui meskipun bukan dari pendidikan? Mohon bantuan penjelasannya.. terima kasih

  6. Tahun kemarin Udah mulai unbk, tahun sekarang mungkin masih bisa diberi kelancaran unbk. Pelajaran tik hilang bagaimana nasib anak2 tahun depan menghadapi unbk yang belum pernah pakai komputer sama sekali, mungkin anak2 zaman sekarang pandai main internet tapi sebatas hp.apalagi dunia kerja butuh dengan dengan komputer. Mohon apapun kurikulumnya jangan sampai tik hilang.

  7. siswa/i bisa menggunakan komputer/gadget hanya sebagai medsos atau untuk bermain game tapi hanya sebatas itu saja tanpa tahu menggunakan beragam aplikasi yang ada sebagai penunjang mereka memasuki era globalisasi dan harus mempunyai pengetahuan komputer yang mumpuni. Jadi teman2, ayo terus perjuangkan TIK & KKPI!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

"Supported by: ID CLOUDHOST - HOSTING MURAH INDONESIA" | Komunitas Guru TIK & KKPI (KOGTIK) Frontier Theme